Tingkatkan Kualitas Tidur Anda dengan Delapan Gerakan Peregangan Ini

Sabtu, 24 November 2018 - 07:23 WIB
Tingkatkan Kualitas Tidur Anda dengan Delapan Gerakan Peregangan Ini
Tingkatkan Kualitas Tidur Anda dengan Delapan Gerakan Peregangan Ini
A A A
JAKARTA - Peregangan sebelum tidur dapat membantu tidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur. Penelitian dua tahun lalu dan beberapa penelitian lainnya menemukan hubungan antara gerakan meditasi, seperti tai chi dan yoga, dengan kualitas tidur yang lebih baik. Kualitas tidur yang ditingkatkan ini semakin terkait dengan kualitas hidup yang lebih baik.

Peregangan membantu memusatkan perhatian pada napas dan tubuh bukan stressor hari. Kesadaran tubuh ini membantu mengembangkan kesadaran yang terbukti membantu meningkatkan tidur yang lebih baik. Peregangan juga memberikan manfaat untuk fisik, membantu meredakan ketegangan otot dan mencegah kram yang mengganggu tidur.

Peregangan tidak perlu dilakukan dengan intensitas tinggi, cukup dengan gerakan lembut. Sementara, melakukan olahraga besar sebelum tidur memiliki efek sebaliknya. Berikut delapan peregangan yang bisa dilakukan sebelum tidur seperti dilansir dari Healthline.

1. Bear hug
Peregangan ini melatih otot rhomboids dan trapezius di punggung bagian atas. Ini membantu untuk mengurangi ketidaknyamanan pada bahu atau rasa sakit yang disebabkan oleh postur tubuh yang buruk, bursitis, atau bahu yang kaku.

2. Neck stretches
Peregangan ini akan membantu meredakan ketegangan di kepala, leher, dan bahu Anda. Cobalah fokus untuk mempertahankan postur yang baik ketika melakukan gerakan peregangan ini.

3. Kneeling lat stretch
Peregangan ini membantu melonggarkan otot-otot di punggung dan bahu. Selain itu gerakan peregangan ini juga dikalim dapat menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

4. Child's pose
Pose ini merupakan peregangan yang mirip dengan peregangan berlutut tapi lebih santai. Ini sempurna untuk mengatur napas, merilekskan tubuh dan mengurangi stres. Gerakan ini juga membantu menghilangkan rasa sakit dan ketegangan di punggung, bahu, dan leher.

5. Low lunge
Low lunge dipercaya dapat meregangkan pinggul, paha, dan selangkangan. Membuka dada membantu meredakan ketegangan dan rasa sakit di area ini serta punggung dan bahu Anda. Cobalah untuk tetap rileks saat melakukan pose ini, dan jangan memaksakan diri terlalu keras.

6. Seated forward bend
Peregangan ini membantu melonggarkan tulang belakang, bahu, dan paha belakang. Ini juga meregangkan punggung bawah Anda..

7. Legs up the wall pose
Ini adalah pose restoratif yang membantu mengurangi ketegangan di punggung, bahu, dan leher sambil membantu merelaksasi.

8. Reclining bound angle pose
Gerakan ini dapat membantu meredakan ketegangan otot di pinggul dan selangkangan.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6634 seconds (0.1#10.140)